Selamat Datang di Today's Story, Arinal's blog: Hidup mencari hikmah. Dipersilahkan menjadi tamu yang baik dan bersantai-santai di blog ini. Terima kasih atas kunjungannya :) -Karena beginilah gue, beginilah hidup gue-

22 Jan 2011

Tanpa Listrik, Apalah Aku

(Ya, karena ini blog gue maka cerita yang satu ini pun tentang gue, lagi-lagi pas gue dulu SMA)

Menikmati sore hari yang santai, megang segelas air sambil nonton berita di MetroTV. Salah satu beritanya tentang kebakaran sebuah gardu listrik masih di daerah Jakarta Selatan, tidak terlalu jauh. Dan ternyata berita ini bukanlah sekedar berita numpang lewat karena Pondok Labu tempat SMA gue berada bakal jadi “pelanggan tetap” pemadaman listrik sebagai dampak kebakaran tersebut. Gue habiskan air minum yang lagi gue pegang saat itu.

Dampak begitu nyata. Pas gue masuk kelas setelah istirahat, gue liat temen2 gue ada yang sibuk kipas kepanasan, ada yang sibuk main laptop, ada yang sibuk main kartu, sibuk bercanda ketawa gak ketulungan, juga ada yang sibuk bersihin ketoprak yang tumpah ke lantai hahaha…, masing2 sibuk dengan kegiatannya masing2, hawa yang panas nan sumpek gara2 AC gak idup sangat memperkeruh suasana. Pernah sekolah dipulangkan lebih cepat karena pemadaman listrik itu ngebuat kegiatan belajar mengajar sudah tidak kondusif lagi.

Lalu apa dampaknya buat gue pribadi?? Cekidot!

Waktu itu jam istirahat kedua, ya, sedang mati lampu. Tidak banyak orang di kelas saat itu, hanya gue dan beberapa anak cewe. Rupanya kondisi mati lampu ngebuat anak-anak lebih memilih beraktivitas keluar kelas.

Hawa panas, angin dari jendela berhempus sepoi2, kondisinya begitu sepi, sangat membosankan. Satu-satunya kegiatan yang bisa memecah kebosanan bagi gue, yang sedang sendiri di sudut belakang kelas, adalah OL lewat HP, tapi sayang batere HP gue sekarat. Gue ambil chargeran, maju ke depan kelas nyari colokan lalu ngecas HP gue.

Satu temen gue, cewe, ngomong ke gue. “Lo ngapain ngecas HP nal??”

“lah, emang kenapa??” gue bener2 bingung kenapa ada orang nanya hal gak penting kayak gitu.

“kan lagi mati lampu nal?!”

“GOBLOK!”

TETOOOOOT 1-0. Entah apa yang gue pikirin, sial gue di depan yang semua orang di kelas pada liat ke gue semuaa… malu abis, gue cuman bisa cengar cengir.

Gue kembali menuju ke bangku gue di belakang, duduk, dan kembali menangisi kenapa gue dodol banget Y,Y. Rupanya temen gue yang tadi masih ngeliatin gue dan ngomong lagi:

“lo gak sholat dzuhur nal?” Tanya dia

“emang udah azan??” otak gue berputar cepat sesaat setelah gue ucapkan pertanyaan itu

TETOOOT 2-0

Spontan gue langsung menyadari kedodolan gue lagi “GOBLOK!! Daritadi gue nunggu azan coba!! Mati lampu gini mana kedengeran azan!!”

Gue lansung ke depan kelas lagi lalu keluar menuju masjid

“Naal.. nal” ucap temen gue…

Gue sempat mikir kalo salah satu komponen dalam otak gue sangat memerlukan listrik PLN, dan apabila terjadi pemadaman listrik, komponen ini tidak akan bekerja dengan baik dan bakal berujung pada kedodolan. Untuk sementara itulah analisa gue kenapa gue bisa dodol sampe 2 kali.

Pernah juga lagi mati lampu di rumah, dan dodolnya gue mikir kayak gini
"Yah mati lampu, gak bisa internetan deh gue. ngapain ya?? BT banget, nonton TV aja ah!"
*kucluk kucluk kucluk* menuju ruang TV, nyalain TV, gak idup.
"GOBLOK!!" baru ngeh. TETOT!! 3-0

Di lain hari, tapi kali ini tidak mati lampu, gue minjem catetan temen gue, catetan yang sangat membantu sebuah tugas untuk dikumpulkan besoknya, tapi karena temen gue juga lagi butuh jadi gue harus motokopi catetan itu. Pulang sekolah gue ke tempat foto kopi, tapi sampe sana belom sempet selesai nafas tiba-tiba JLEB!! MATI LAMPU!!! GRRRR!!! SIAL BANGET!! Sepertinya ini sebuah peringatan kalo gue emang harus belajar sendiri.. T____T

TETOOOOOT 4-0

Huuuuuh…. Mati lampu ngebuat semua jadi kacau. Ngebuat gue harus belajar ekstra, dan ngebuat gue jadi dodol. Tidak bisa dipungkiri kita semua butuh listrik, tanpa listrik, kita tidak bisa berbuat apa2. Apalagi sekarang ini fokus belajar gue tentang listrik (Teknik Elektro), kalo gak ada listriknya?? Ya belajar apa coba gue?!. Semua orang butuh listrik, maka semua orang butuh kami orang2 yang belajar tentang listrik, bukan bermaksud GR, hehe… Dan kesempatan gue belajar tentang listrik ini sangat membuka lebar kesempatan gue untuk ngerubah score jadi 4-100, oh bukan tapi 4-1000, ya, 4-1000!!

--------------------------------------------------------

SMAN 34, sekolah yang mengklaim dirinya sebagai sekolah berwawasan lingkungan hidup. jika anda ke 34 maka anda akan mudah sekali menemukan berbagai jenis tempat sampah dan imbauan2 untuk hemat listrik dan hemat air. seperti gambar di samping ini "GUNAKAN LISTRIK SEPERLUNYA"


Tapi rupanya anak2 34 tidak hanya sekedar berwawasan lingkungan tapi juga berwawasan yang laen, hihihi... :P

3 komentar:

  1. nal, ini blog ga ada iklannya?

    oia, gw oji. ahhahahaa..

    BalasHapus
  2. sumpah, wktu itu gw ngakak bgt ngeliat tulisan itu, wakakak

    BalasHapus

Hai! apapun komentar mu tentang tulisan ini, mohon share ya! :)
Thanks for your comment..