Selamat Datang di Today's Story, Arinal's blog: Hidup mencari hikmah. Dipersilahkan menjadi tamu yang baik dan bersantai-santai di blog ini. Terima kasih atas kunjungannya :) -Karena beginilah gue, beginilah hidup gue-

19 Feb 2011

Ambego

Orang-orang pintar biasa menyebutnya dengan kata ‘ambigu’. Namun karena gue tidak merasa pintar, izinkan gue untuk menyebut hal ini dengan sebutan ambego.

Suatu hari, satu hari di pengujung hari-hari gue di SMA 34, di podium depan lab biologi, dan gue inget waktu itu adalah waktu senggang setelah pelajaran olahraga yang singkat. Dan sewajarnya kelas 12, gue dan beberapa teman gue masih menyempatkan waktu senggang tersebut untuk belajar, lebih tepatnya ngebahas soal2 UM Undip 1 temen gue.

Kami bertiga, sebut saja ketiga orang itu: Arinal, Jojon*, dan sinta* (*nama samaran). Soal undip ini punya sinta, dia udah ngerjain di kertas file nomor2 yang dia bisa kerjain, sementara gue dan jojon pingin nyoba ngerjain yang kira2 kita bisa. Gue liat kertas kerjaan sinta, nomer2 yang dia udah dikerjain adalah soal nomer 1 lalu langsung longkap ke nomor 3 gak ada nomer 2 nya. Gue pelajarin langkah2 ngerjainnya dan semuanya masih biasa aja. Setelah selasai, kertas itu gue kasih ke Jojon, daaan.. gak lama kemudian si Jojon nyeletuk nanya:

“sinta! elo kok gak ada duanya sih ta?!”

Ngek! Kata2 yang sangat ambego, gue tau maksud dia, tapi kocak aja.. hahaha.. terdengar menggelikan. Dan membuka lebar kesempatan untuk cak2in mereka.

“Asik daaah.. ehem ehem” Gue mulai cari ribut
“eh apaan??! Ini maksud gue sinta gak ada nomor 2 nya!!” jojon langsung cepat2 klarifikasi
“aduh gue ganggu kalian berdua ya, sori deh ya.. apa gue pergi aja kali ya?!”
“sampah lo nal!” sinta.

Hahaha.. gue bisa bikin gosip baru nih, lumayan buat canda2an.. “Sinta dan Jojon”, haha.. namun kenyataannya gue gak pandai nyebar gosip, gosip ini sama sekali gak nyebar dan cuman jadi bahan cak2an gue aja kalo ketemu mereka berdua.

-----

Pas ngambil nilai atletik, lari sekian ratus meter (gue lupa berapa meter) di GOR Ragunan, kebetulan pas kloter gue, gue adalah pelari tercepat yang sampe finish. Hal ini mendapat respon dari temen gue yang kebetulan merhatiin kloter gue, tidak ada salahnya kalo kita sebut temen gue satu ini dengan sebutan sinta juga.

Sinta: “nal, kemaren lo udah kayak lagi dikejar anjing aja larinya, si Jojon juga kocak banget larinya, di belakang lo! hahaha…”

Mari berpikir!
Premis1: gue lari kayak lagi dikejar anjing
Premis2: Jojon lari di belakang gue
Konklusi: Jojon = ….

Hahaah.. kesempatan lagi nih

Gue: “mmmm.. parah banget lo sin! Berarti secara gak langsung lo bilang jojon tuh anjing, ckckck… gue bilangin jojon ah ntaaar.”
Sinta: “Apaan sih lo nal! Awas aja! Gue kan gak maksud gitu nal! Awas lo nal! Gue ngeri nal ntar jojon salah paham, ah nal ah! Udah lo diem aja dah!

Rupanya sinta bener2 ketakutan, ahahaha.. udah deh cak2innya kasian, hehehe..

-----

Banyak hal ambego di dunia ini, multitafsir. Dalam menafsirkan hal2 ambego ini, seringkali kita beda penafsiran. Kalo perbedaan tafsiran ini terjadi, gue pikir yang harus dilakukan adalah melihat pada asbabun nuzul keluarnya kata2 tersebut. Secara kebahasaan, gue sama sekali gak salah untuk mengatakan dalam kasus pertama jojon sangat “so sweet” kepada sinta dan juga gak salah menyebut sinta telah menghina jojon pada kasus kedua. Tapi, secara maksud asbabun nuzul kata2 tersebut, gue salah besar!!

Kalo gue gunakan tafsiran2 gue tersebut, pada kasus pertama, bisa saja malah jadi fitnah. Fitnah kalo jojon ada macem2 sama sinta, padahal mah bukan gitu, dan jelas kalo itu terjadi pasti sangat meresahkan sinta maupun jojon. Pada kasus kedua pun begitu, penafsiran gue sangat meresahkan sinta yang takut ada kesalahpahaman. Kita sebut penafsiran ini sebagai penafsiran yang meresahkan.

Ketika penafsiran itu meresahkan, kita bisa liat pada kasus kedua, sinta jadi marah2 ke gue, padahal gue belom nagapa2in. Ketika kita resah, bisa saja kemarahan bermain, permusuhan, kerusuhan, bahkan tindak anarki yang terjadi. Naudzubillah min dzalik

-semua berawal dari penafsiran yang meresahkan-

semoga permasalahan Ahmadiyah bisa cepat terselesaikan dengan penyelesaian yang terbaik, aamiin  :)

8 komentar:

  1. pesan anda tersampaikan gan, mantab

    BalasHapus
  2. tapi, kasus seperti yg dialami ahmadiyah bukanlah salah penafsiran nal. mereka bersikeras untuk tetap dijadikan sebagai bagian dari warga Indonesia yang beragama Islam. Padahal dgn mengakui Mirza GA sebagai Nabi setelah Nabi Muhammad SAW dan Tazkirah sebagai kitab suci, yg jelas2 sangat bertentangan dgn AQIDAH ISLAM, mereka tidak bisa dianggap sebagai Muslim.

    BalasHapus
  3. wow atas ane pemikirannya jauh banget -,-

    BalasHapus
  4. @The translator alias azzam: tapi penafsiran2 ahmadiyah banyak banget yang meresahkan bahkan menyentuh hal yang paling krusial, yakni menyangkut aqidah. mereka gak mau keluar dari Islam karena mereka merasa masih menggunakan alquran yang sama (selain tazkirahnya) meskipun tafsirannya2 berbeda.

    gitu gak sih??

    BalasHapus
  5. Wih nice!
    Kalo yang gue baca dulu tuh, pas jaman2nya isu ahmadiyah pertama kali diangkat, sama pemerintah, jamaah ahmadiyah dikasih dua opsi:
    pertama, mendeklarasikan diri mereka terpisah dari Islam(bukan Islam).
    kedua, mendeklarasikan kalo mereka adalah Islam dengan ketentuan harus ngikutin ajaran Islam yang bener.
    Terus mereka milih opsi yang kedua, tapi ahmadiyah gak ngejalanin poin2 yang mereka setujui cmiiw.

    BalasHapus
  6. LOL sukses ngakak bacanya, apalagi yang tentang lari xD Jadi kangen 34. Btw ini materi gue kuliah nih Nal sebagai anak bahasa -_-

    BalasHapus
  7. Nice post gan..
    Izin Menanam Jagung Gan.

    Download Mp3 Terbaru http://promp3.wapka.mobi

    BalasHapus

Hai! apapun komentar mu tentang tulisan ini, mohon share ya! :)
Thanks for your comment..